Fleksibel mengikuti perkembangan zaman dan teknologi merupakan salah satu kunci sukses untuk mempertahankan eksistensi bisnis Anda. Dewasa ini perkembangan media sosial menunjukkan gejolak signifikan dalam dunia bisnis. Anda bisa memanfaatkan social media campaign untuk mendongkrak penjualan memperluas ekspansi bisnis Anda.
Lantas, sudahkah Anda mengenal apa saja jenis-jenis kampanye media sosial? Jangan lewatkan pembahasan di bawah ini untuk memperdalam pemahaman Anda karena bermanfaat untuk kelangsungan bisnis.
Jenis-Jenis Kampanye Media Sosial
Di bawah ini adalah beberapa jenis kampanye media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memperluas ekspansi bisnis dan meningkatkan target penjualan.
1. Brand Awareness
Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan perlu memperkenalkan brand mereka ke masyarakat. Oleh sebab itu, perusahaan atau pelaku usaha bisa memanfaatkan kampanye sosial media untuk meningkatkan brand awareness. Semakin sering masyarakat menemukan promosi brand tersebut di berbagai lini media sosial, maka akan memantik rasa penasaran mereka.
Alhasil, masyarakat akan tertarik untuk mencari tahu informasi lebih lengkap tentang brand perusahaan Anda. Mengingat brand memegang peranan krusial dalam kelangsungan bisnis, pastikan Anda membuat brand tersebut sederhana, singkat, menarik, dan berkesan.
2. Giveaway
Ada banyak cara untuk merebut perhatian dan hati masyarakat supaya lebih familiar dengan brand atau produk Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan kampanye media sosial giveaway. Anda bisa melakukan kegiatan ini melalui platform Instagram, TikTok, Facebook, atau platform lainnya.
Pemenang giveaway akan mendapatkan produk secara cuma-cuma. Akan tetapi, Anda bisa menetapkan persyaratan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Untuk meningkatkan engagement dan mengetahui antusiasme masyarakat, Anda bisa meminta pengguna media sosial untuk like, comment, share, repost, atau follow akun bisnis Anda. Kampanye ini biasanya dapat menyasar audiens yang sesuai dengan target produk Anda.
3. Launching Produk
Meluncurkan produk baru juga merupakan salah satu strategi untuk mempertahankan konsumen serta menjaring konsumen baru. Pasalnya, produk baru yang diluncurkan perusahaan bisa menjadi alternatif produk yang lebih terjangkau. Dengan demikian, perusahan bisa menjaring semua audiens dari berbagai macam kemampuan membeli produk.
Anda bisa membuat kampanye launching produk sebelum memasarkan produk tersebut. Kegiatan ini efektif untuk mengetahui seberapa besar animo masyarakat terhadap produk baru yang akan Anda luncurkan.
Supaya masyarakat lebih antusias dan percaya dengan produk baru tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan influencer media sosial. Pastikan Anda memilih influencer dengan niche yang tepat. Misal Anda meluncurkan produk kitchenware, maka gandenglah influencer yang sering membuat konten memasak.
4. UGC – User Generated Content
Kampanye media media berikutnya yang juga efektif untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan penjualan adalah UGC. User Generated Content ini dibuat oleh pelanggan yang pernah menggunakan jasa atau produk suatu perusahaan tanpa di bayar. Biasanya, pelanggan akan membuat review dan membagikan pengalaman mereka di sosial media.
Baik pelanggan maupun perusahaan akan diuntungkan oleh kampanye media sosial UGC ini. Pasalnya, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk konten marketing tetapi justru mendapatkan eksposur produk atau jasa mereka ke pelanggan. Keuntungan bagi pelanggan yang membuat konten UGC yaitu bisa tampil di media sosial perusahaan. Alhasil, pelanggan juga mendapatkan eksposure untuk menjadi influencer.
Ideoworks
Mengelola social media campaign tentu bukan urusan mudah bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman mendalam serta pengalaman mumpuni. Oleh sebab itu, Anda bisa mempercayakan kegiatan tersebut pada Ideoworks. Ideoworks merupakan perusahaan yang melayani berbagai macam promosi digital dan konvensional yang bisa Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Anda tidak perlu ragu dengan kualitas dan kinerjanya karena Ideoworks sudah menangani klien dari brand-brand ternama. Silakan kunjungi website resminya untuk mendapatkan pengalaman kampanye sosial media yang berbeda.
Posting Komentar