Selasa, 06 Juni 2017

Tips Menghindari Keguguran Di Masa Hamil Muda





Bagi anda yang sedang berbahagia karena sudah mengalami tanda-tanda kehamilan, maka sudah mulai saatnya untuk anda berusaha merawat dan memilihara calon bayi anda. Pada awal kehamilan biasanya waktu yang rentan terkena hal yang dapat membahayakan buah hati. Banyak kejadian keguguran terjadi di usia hamil muda.

Kondisi ibu yang sedang hamil muda akan mengalami perubahan, khususnya penyesuian diri tubuh terhadap hormon kehamilan yang dapat menimbulkan keluhan, jika tidak ditangani dengan cepat hal tersebut dapat mengganggu terhadap kesehatan ibu dan calon bayi. Berikut diuraikan cara menjaga kehamilan di trimester pertama sehingga terhindar dari resiko keguguran.
Mencukupi kebutuhan gizi janin

Pada usia hamil muda janin dalam rahim sangat membutuhkan asupan gizi yang baik untuk tumbuh kembangnya. Banyak makanan yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin yaitu konsumsi sayur mayur yang berwarna hijau juga buah-buahan yang banyak tersedia disekitar rumah anda.

  1. Mengurangi pekerjaan yang berat
    Pekerjaan yang berat semisal mengangkat beban harus mulai ditinggalkan ibu hamil muda, untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut anda bisa meminta pertolongan orang-orang disekitar anda, cari pekerjaan rumah tangga yang ringan atau yang akan membantu anda dalam persalinan nantinya seperti membersikan lantai dengan teknik menungging.
  2. Menghindari minuman bersoda dan alkohol
    Dalam hamil muda sering sekali mengalami dehidrasi, nafsu biasanya menginginkan minuman kemasan yang mengandung soda, bagi anda yang sedang hamil mudah harus menghindari minuman tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan janin. Untuk mengatasi dehidrasi anda bisa meminum air putih atau mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air.
  3. Hindari asap rokok dan konsumsi rokokRokok dapat menyebabkan terganggunya perkembangan janin, oleh karena itu ibu hamil dilarang untuk meroko juga dekat dengan perokok aktif karena rokok dan asapnya dapat mengganggu perkembangan janin bahkan bisa menyebabkan kegagalan kehamilan.
  4. Hindari obat tanpa resep dokter
    Janin yang masih muda masih rentan terganggu maka anda harus menghindari penggunaan obat kimia yang tidak direkomendasikan dokter. Keluhan sakit yang sering timbul biasannya akibat perubahan hormon dalam tubuh jangan gunakan obat kimia dari warung lebih baik anda konsultasikan dengan dokter anda.
Itulah sekelumit cara menjaga kehamilan agar janin dalam kandungan anda terhindar dari resiko keguguran.

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search