Minggu, 30 Oktober 2016

Tips Untuk Membantu Anak Menghafal Pelajaran Sekolah


Anak yang sedang duduk di bangku sekolah dasar, acapkali mengalami suatu hal dalam belajarnya. Ia sering merasa kesulitn dalam belajar karena lupa dengan penjelasan yang telah gurunya jelaskan. Saat menghafal suatu materi pelajaran tertentu, ia juga merasa susah. Anda harus mencari cara mudah menghafal kepada anak anda dalam mengatasi masalahnya. Setiap harinya anak anda disibukkan dengan aktifitas di sekolahnya. Semakin tiinggi kelasnya, maka akan lebih banyak materi yang harus dikuasainya. 

Untuk mendapatkan prestai yang baik, maka mau tidak mau anak harus rajin belajar. Tapi, sayang nya anak anda mendapati suatu masalah dalam belajarnya, dalam mengingat penjelasan guru. Selain mengingat dalam penjelasan, anak juga kesulitan berhubungan dengan daya ingat nya yang kurang baik. Maka dari itu, anda sebaiknya sesegara mungkin untuk membantu anak anda dalam mengatasi masalah tersebut dengan tips di bawah ini:

Mengulang Pelajaran
Setelah pulang sekolah, makan dan beristirahat, sebaiknya anak meluangkan waktu 1 – 1,5 jam untuk belajar dan mengulang pelajaran yang dijelaskan di sekolah. Cara ini efektif dalam membantunya mengingat pelajaran sekaligus menuntaskan beberapa materi yang belum dikuasainya.

Bertanya
Anda dapat membantu anak mengingat pelajaran dengan cara bertanya kepada anak anda mengenai pelajaran yang telah diterimanya. Tanyakan lah kepada anak anda tentang apa saja yang telah di jelaskan oleh gurunya ketika di sekolah. Anda juga dapat merangsang ketertarikannya dengan tema-tema yang masih berkaitan dengan materi penjelasan yang telah didaptakannya tersebut.

Mencatat & Menempel
Cara mudah menghafal kepada anak anda adalah mengingat dari penjelasan gurunya dengan cara mencatat hal yang penting dan menempelnya di dinding kamar sehingga mudah di baca. Contohnya, jika anak anda sulit sekali mengingat suatu rumus matematika dan daur hidup kupu-kupu, maka catatlah dengan pencil berwarna atau spidol tebal kemudian tempelkan di dinding kamar anda. Dengan begitu anak anda akan mudah dalam mengingatnya karena lebih sering membacanya.

Itulah cara mudah menghafal yang harus anda terapkan kepada anak anda dengan mudah. Untuk solusi yang terakhir, ketika anda mengajarkannya menghafal, maka berikan lah susu yang baik nutirinya serta perkembangan bagi anak anda, saran yang baik adalah susu dari dancow.

Start typing and press Enter to search